12/09/13

Cara Memulai Ngeblog Untuk Pemula

Cara Memulai Ngeblog Untuk Pemula


Ngeblog sebagai kata kerja yang lebih gaul daripada "blogging". Blog yang bermula dari kata "web log" (catatan web) sebagai salah satu bentuk aplikasi web yang berisi postingan dalam bentuk tulisan. Sesuai perkembangan jaman, blog tidak hanya berisi tulisan tetapi juga sekarang berisi gambar atau pun video atau juga campuran semuanya.

Media yang digunakan adalah platform CMS (Content Management System) yang banyak beredar sekarang, termasuk juga dalam kelompok BPS (Blog-Publishing Service), baik yang dikembangkan dengan bahasa PHP, Java packages/bundle, Microsoft ASP.NET, Perl, Python, Ruby on Rails, CFML (ColdFusion Markup Language) dan lain-lain. BPS banyak digunakan oleh blogger untuk ngeblog yang prinsipnya adalah mempublikasikan, mengedit, dan memodifikasi konten (isi).

Banyak CMS/BPS yang terkenal dan digunakan oleh khalayak ramai semisal blogger/blogspot, wordpres, joomla, Crowd fusion, Blogsmith, Drupal, Gawker, TypePad, Movable Type, DokuWiki, eZ Publish, phpWebLog, Serendipity, Publify, dan lain-lainnya. Untuk CMS/BPS lokal buatan Indonesia tersedia juga yang bernama LOKOMEDIA.

Saat ini, tampilan/desain/layout dari CMS blog pun bahkan bisa menyerupai tampilan website-website terkenal. Tampilan Yahoo, Facebook, OkeZone, dan lainnya telah dibuat tampilan yang oleh para blogger yang suka mengutak-atik script/kode CMS-nya. Dengan demikian, sekarang banyaklah beredar template-template yang sangat bagus dan menyerupai tampilan website terkenal lainnya.

Perkembangan selanjutnya adalah dimana blog sekarang berisi konten (artikel/gambar/video) informasi yang sangat berguna, dan aku menyebut dunia blog adalah "Dunia Hypermarket Informasi". Informasi yang disebar melalui media blog dalam jumlah banyak sehingga dapat diakses oleh semua orang, di semua tempat, pada sembarang waktu, asal punya koneksi internet.


Blog sebagai Website? Ndak masalah

Ada jutaan blog yang beredar sekarang, bahkan milyaran. Bisa jadi jumlah blog telah mengalahkan jumlah website. Bagi seorang blogger, website itu sangat kaku alias tidak dinamis. Untuk itu sekarang banyak para pemilik website beralih ke penggunaan CMS yang banyak digunakan oleh para Blogger. Bahkan kemudian, website salah satu media massa terbesar di Riau kemudian beralih menggunakan CMS blog sebagai media online mereka untuk menyebarkan informasi berita. Umumnya yang digunakan adalah CMS Wordpress dengan tingkat kesulitan bagi pemula yang akan membuat mumet kepala.

CMS yang lebih sederhana dengan fasilitas berjibun disediakan oleh Google melalui BPS Blogspot yang berbasis bahasa HTML yang dapat dikembangkan ke Java dan jQuery. Tidak ada batasan hosting terhadap jumlah artikel yang dipublikasikan menjadi salah satu keunggulan blogspot. Bahkan 1 akun bogger dapat membuat 100 blog di dalamnya. Google menyediakan gratis untuk semua pengguna, sampai batas Google bangkrut atau mengubah kebijakan lainnya. Hal ini pernah terjadi pada BPS Multiply yang akhirnya tutup usia alias wafat alias menutup seluruh fasilitas gratisnya. Dengan kekuatan keuangan perusahaan Google, sangat jauh kemungkinan fasilitas gratis ini dicabutnya.

Blogspot kemudian banyak digunakan oleh para blogger (narablog) untuk mempublikasikan konten (istilah gaulnya "mosting" - memposting artikel). Konten yang beredar pun menjadi beragam. Tak sulit menemukan blogger yang membuat blog untuk menyebarkan informasi layaknya sebuah media massa mainstream (media besar). Media massa itu memiliki website yang dikelola oleh banyak orang. Blogger memiliki blog yang dikelola terkadang hanya oleh perorangan, palingan juga 2 atau 3 orang. Tetapi jumlah para pembaca blog sering bisa menyaingi jumlah pembaca media massa online yang menggunakan website.

Kondisi ini menyebabkan kegalauan di media online, mau pakai web atau blog. Bagi para blogger, tentunya memilih blog sebagai media mereka menyebarkan informasi. Bagi pengusaha media besar, mereka biasanya memilih untuk menggunakan CMS sendiri yang dikerjakan oleh proggrammer khusus mereka dengan biaya super mahal. Biaya ini yang menjadi masalah bagi para blogger, alias dengan kantung tipis tetapi pengen ngeblog menyebarkan informasi ke khalayak ramai.

BAGAIMANA MEMULAI BLOG SEBAGAI MEDIA INFORMASI?

Dengan kata pembuka di atas yang begitu panjang, bagi pembaca dipersilahkan untuk istirahat sejenak, ngemil, ngrokok, pipis, atau meregangkan otot agar bisa melanjutkan membaca artikel berikut ini.

Saudara-saudara blogger seperjuangan.

Selamat bergabung di dunia blog


Dunia blog yang penuh warna kreatifitas dan pahala. Pahala didapat dari penyebaran informasi yang berguna bagi orang lain. Mari mencari pahala dari dunia blog.

Yuk kita mulai.

Memulai Blog di blogspot :
1. Punya akun email, bagusnya akun email dari gmail.com milik Google.
2. Membuat blog
3. Memelihara blog

Dah cukup 3 langkah saja, ga ribet, ga sukar, ga susah. Tetapi yang namanya usaha pasti ada berhasil dan ada juga yang biasa-biasa aja.

Tanya : Kok cuma 3 langkah?
Jawab : Lha emang mau berapa langkah?

3 Langkah ini dapat dibilang sulit-sulit mudah. Langkah 1 dan 2 mungkin mudah dan telah pula diajarkan serta telah pula berhasil membuatnya.

Langkah tersulit yang umum dialami blogger adalah langkah ke 3 yaitu Bagaimana Memelihara Blog. Dalam hal ini diartikan bagaimana blog dapat selalu update dengan informasi yang berguna bagi pembaca/pengunjung-blog. Membuat blog tuh gampang, memeliharanya tuh susah, tapi bisa dibuat tidak susah. Yuk baca selanjutnya.

Tips Memelihara Blog

1. Tujuan dan Topik blog

Tentukan tujuan dan topik blog yang akan dikelola. Hal ini akan mengkategorikan blog yang telah dibuat menjadi blog pribadi yang berisi curhatan, cerita-cerita, dan kejadian/opini pribadi terhadap suatu hal. Dapat juga Blog yang berisi artikel khusus politik, pendidikan, bahan pengajaran, teknologi, berita daerah dan lainnya.

2. Update Konten

Bagi guru yang mengelola weblog (website/blog) sekolah, dapat mengupdate konten (mempublikasikan artikel/gambar/video) tentang sekolah, dunia pendidikan, bahan ajaran, berita sekolah, berita siswa, dan artikel lainnya. Dapat juga mengisi konten dengan sebuah galeri foto maupun pengumuman sekolah.

3. Bahan Update Konten

Bahan konten sebenarnya tersebar dimana-mana, dibutuhkan kejelian pengelola untuk mengambil dan memodifikasi. Bahan berita pendidikan dapat diambil dari website misalnya :
http://kampus.okezone.com/
http://www.republika.co.id/kanal/pendidikan
http://edukasi.kompas.com/
http://www.riaupos.co/11-kategoriberita-teknologi.html
http://www.tribunnews.com/tribunners/pendidikan/
dan lain-lain.

Setiap bahan yang diambil dari website tersebut lebih bagus menyebutkan sumbernya jika pengambilan dilakukan dengan copy-paste.

Bahan ajar guru juga tidak salah dimasukkan ke dalam website sekolah. Bahan tersebut dapat diketik ulang dari buku, maupun penjelasan guru ketika di depan kelas.

Bahan dari murid juga bisa dimasukkan ke dalam weblog sekolah, misalnya ada seorang murid yang berbakat menulis cerita, puisi, pantun ataupun menggambar. Untuk hal ini dapat dikelompokkan misalnya dalam kategori/label "Karya Murid" atau dengan penambahan widget/gadget pada sidebar weblog.

4. Pengunjung

Setelah membuat weblog dan mempublikasikan konten, maka weblog tersebut harus diumumkan ke khalayak ramai. Baik melalui pengumuman sekolah oleh kepala sekolah atau guru, menulis di papan pengumuman, maupun menceritakannya ke orang-orang. Weblog yang telah dibuat bukan untuk disembunyikan tetapi untuk dibuka bagi khalayak ramai.

Akibat dibuka kepada khalayak ramai, maka diharapkan banyak orang mengunjungi weblog tersebut sehingga informasi yang diberikan dapat menyebar. Jika seorang guru biologi menulis bahan ajarnya di weblog sekolah, maka akan banyak murid yang terbantu.

5. Tampilan

Tampilan awal yang sederhana tidak akan membuat orang lain marah. Sejalan dengan waktu, mulailah memperbaiki tampilan.

6. Belajar

Ilmu tiada habisnya. Dapat 1 ilmu, akan muncul seribu ilmu baru yang perlu diketahui dan dipelajari (dalam bidang apapun). Maka ngeblog itu sambil jalan dan mengalir bagai air. Jangan pernah putus asa untuk selalu berbagi ilmu/informasi.

7. JANGAN TAKUT

Jangan takut salah atas informasi yang disebarkan, jika salah segera minta maaf dan mengedit informasi tersebut. Jangan merasa susah untuk minta maaf jika salah.

Sengaja saya tulis topik ini dengan huruf besar untuk memberikan tekanan atas kejadian yang berlaku umum atas ketakutan pengelola untuk berbuat sesuatu yang baik.

JANGAN TAKUT UNTUK BERBUAT SESUATU DENGAN TUJUAN BAIK UNTUK HAL BAIK.
Jangan takut/segan/malu menghubungi Blogger Bertuah untuk konsultasi lebih lanjut.
Jika sakit kepala berlanjut, hubungi dokter atau puskesmas terdekat. hehehe


Ulangi langkah 2 dan 3 di atas secara terus menerus

Carilah bahan update. Updatelah konten. Sesekali perbaharui tampilan agar lebih segar.

TIPS DI ATAS JUGA BERLAKU UNTUK BLOG PRIBADI

Lakukan langkah-langkah di atas untuk blog pribadi. Kembangkan langkah-langkah di atas agar menjadi lebih baik.



SALAM BLOGGER BERTUAH.

ATTAYAYA
www.butang-emas.net
www.tamadunmelayu.info
www.attayaya.net

14 comments:

Chaidir.Web.ID mengatakan...

Setuju banget dengan artikel ini.. ^_^
Saya juga seperti itu ngerasanya.. dari 2008 saya sudah berulang kali nyoba untuk membuat blog, tapi gitu udah dibuat gak lama kandas niatnya ngeblog..

Barulah 6 bulan lalu, gitu udah ketemu dengan konsep topik yang ingin dibagikan dan terus mencoba membuat tulisan-tulisan karya sendiri.. perlahan-lahan ngeblog itu pun mulai berasa mengalir.. :-D

attayaya mengatakan...

Jika sakit kepala berlanjut, hubungi dokter atau puskesmas terdekat. hehehe

aprianhidayat mengatakan...

boleh diterapin nih..
kalo berkenan follow blog ane juga min http://beasmartwriter.blogspot.com/
makasih sebelumnya:)

BBM For Android mengatakan...

semoga lewat media pembelajaran blog ini, kelak kita semua akan menjadi sukses di dlm dunia IT .... dan makasih buat bang admin ,, karena bikin anteng saya baca tutorial2 nya

Unknown mengatakan...

Cara memposting informasi di blog bagaimana ?
Kok udah aku bikin tapi munculah ' Ups , ada kesalahan bla bla blaaa melulu , aku jadi kesell '

PAK ANTO DI KALIMANTAN mengatakan...

Kami sekeluarga ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH KABOIRENG atas bantuannya saya menang togel yang 2x nya ,pekerjaan saya sehari-harinya cuma seorang supir angkot yang pendapatannya tidak seberapa,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya….suatu hari saya tidak sengaja mendengar pembicaraan teman saya mengenai prediksa MBAH KABOIRENG yang katanya bisa mengeluarkan angka sgp/hk yang di jamin tembus,akhirnya saya bertanya dan teman saya memberikan nomor MBAH KABOIRENG dan saya pun menghubunginya..?? Berkat bantuan MBAH yang telah memberikan anka “GHOIB” nya 4D yaitu (5622) dan alhamdulillah itu ternyata terbukti. lagi…sekaran anak saya bisa lanjut sekolah lagi itu semua atas berkat bantuan MBAH KABOIRENG,bagi anda yang penggemar togel ingin meruban nasib melalui angka2 goip yang di jamin 100% kemenangan hbg MBAH KABOIRENG di nmr;_0_8_2_3_2_2_2_1_2_1_1_1,ini bukti nyata bukan rekayasa,mana ada kemenangan tanpa keberanian dan kejujuran,saanya kita perlu bukti bukan sekedar janji2,hanya MBAH KABOIRENG yang bisa menjamin 100% kesuksesan,anda perlu bukti hbg sekaran MBAH KABOIRENG nya,terima kasih.KLIK DISINI!





Kami sekeluarga ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH KABOIRENG atas bantuannya saya menang togel yang 2x nya ,pekerjaan saya sehari-harinya cuma seorang supir angkot yang pendapatannya tidak seberapa,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya….suatu hari saya tidak sengaja mendengar pembicaraan teman saya mengenai prediksa MBAH KABOIRENG yang katanya bisa mengeluarkan angka sgp/hk yang di jamin tembus,akhirnya saya bertanya dan teman saya memberikan nomor MBAH KABOIRENG dan saya pun menghubunginya..?? Berkat bantuan MBAH yang telah memberikan anka “GHOIB” nya 4D yaitu (5622) dan alhamdulillah itu ternyata terbukti. lagi…sekaran anak saya bisa lanjut sekolah lagi itu semua atas berkat bantuan MBAH KABOIRENG,bagi anda yang penggemar togel ingin meruban nasib melalui angka2 goip yang di jamin 100% kemenangan hbg MBAH KABOIRENG di nmr;_0_8_2_3_2_2_2_1_2_1_1_1,ini bukti nyata bukan rekayasa,mana ada kemenangan tanpa keberanian dan kejujuran,saanya kita perlu bukti bukan sekedar janji2,hanya MBAH KABOIRENG yang bisa menjamin 100% kesuksesan,anda perlu bukti hbg sekaran MBAH KABOIRENG nya,terima kasih. KLIK DISINI!

rochman mengatakan...

Mari ngeblog.....

Unknown mengatakan...

Slamt bergabung,
HUBUNGI(=082-301-367-887=)
Selamat Datang yang berkunjung
di kata kata KI RATMO
Izinkan kami membantu anda
semua dengan Angka ritual Kami..
Kami dengan bantuan Supranatural
Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
Mengagumkan…Bisa Menerawang
Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!!
Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
dengan sangat Membutuhkan
Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
1. Di Lilit Hutang
2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat

Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
berada Di kata kata mutiara yang sangat Tepat..
Kami akan membantu anda semua dengan
Angka Ritual Kami..Anda
Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
Saja… Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib
Hasil Ritual Dari=KI RATMO, 2D,3D,4D
di jamin Tembus 100% silahkan:
Hub : (KI RATMO)
(082-301-367-887)
Adapun Besar Pergantian
Biayanya tergantung Paket Yang anda minta

saya atas nama ibu fatma
dari malaysia sudah membuktikan





















































































































Slamt bergabung,
HUBUNGI(=082-301-367-887=)
Selamat Datang yang berkunjung
di kata kata KI RATMO
Izinkan kami membantu anda
semua dengan Angka ritual Kami..
Kami dengan bantuan Supranatural
Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
Mengagumkan…Bisa Menerawang
Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!!
Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
dengan sangat Membutuhkan
Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
1. Di Lilit Hutang
2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat

Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
berada Di kata kata mutiara yang sangat Tepat..
Kami akan membantu anda semua dengan
Angka Ritual Kami..Anda
Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
Saja… Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib
Hasil Ritual Dari=KI RATMO, 2D,3D,4D
di jamin Tembus 100% silahkan:
Hub : (KI RATMO)
(082-301-367-887)
Adapun Besar Pergantian
Biayanya tergantung Paket Yang anda minta

saya atas nama ibu fatma
dari malaysia sudah membuktikan

Unknown mengatakan...

SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG BERSAMA SUAMI SAYA UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMALYANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG MEMBERIKAN NOMOR AKI ALI,,SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI AKI ALI DAN AKHIRNYA AKI ALI MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA AKI ALI SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN AKI ALI…BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI AKI ALI DI:0823=9433=4877,ATAU KUNJUNGI BLOG AKI ALI: >>>KLIK DISINI<<




































SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG BERSAMA SUAMI SAYA UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMALYANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG MEMBERIKAN NOMOR AKI ALI,,SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI AKI ALI DAN AKHIRNYA AKI ALI MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA AKI ALI SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN AKI ALI…BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI AKI ALI DI:0823=9433=4877,ATAU KUNJUNGI BLOG AKI ALI: >>>KLIK DISINI<<

Unknown mengatakan...

jika mungkin anda lapar coblos nomor 4 :) :D

Aing bobotoh persib mengatakan...

makasih atas tips dan saran yg tlah agan brikan shngga membuat saya smgat untuk trus blajar ngeblog aplgh saya newbie soal ngeblog salam bloger

DJ EVOLUSI mengatakan...

Terimakasih gan, tips & triknya sangat bermanfaat.
kalau ada waktu kunjungi juga gan blog saya

http://nantikanlah.blogspot.com/

Properti Kendal ID (dijual rumah kendal, kavling murah kendal, tanah kavling kendal, jual rumah di kaliwungu kendal, jual rumah kendal olx, jual beli rumah kendal, olx rumah dijual kendal, ) mengatakan...

ayoo ngebloging...

acemaxs31 mengatakan...

mantap dah tipsnya sangat komplit

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar disini...